SQL Tipe Data Numerik Desimal (Fixed and Floating Point Data)

Tipe data berikutnya adalah tipe data untuk menyimpan data desimal atau angka yang memiliki angka di belakang koma seperti 12,55

Mengenal Tipe Data Decimal (Fixed Point)

Sebelum itu untuk mengenal desimal ini kita harus mengenal istilah yang digunakan, yang pertama adalah precision. Precision adalah jumlah digit yang bisa dimiliki oleh angka desimal. Kedua adalah scale, Scale adalah jumlah digit di sebelah kanan setelah titik desimal atau setelah koma.

decimals_icon_rbpwpz

Jadi apabila ada angka 19,253, Maka angka ini memiliki precision 5 dan scale 3. Untuk penulisannya bisa menggunakan decimal(5,3) yang berarti memiliki precision 5 dan scale 3.

Fixed point menandakan bahwa ia akan memberikan jumlah tepat 5 digit bila kita menggunakan precision 5. Jadi bila decimal(5,3) digunakan untuk angka 1,5 maka data yang disimpan adalah 1,500. Yup, angka 00 akan ditambahkan sedangkan jika kamu memberikan angka 1,5627772 maka data yang disimpan akan dibulatkan menjadi 1,563.




Beda Fixed Point dan Floating Point dalam SQL

5043481Saat kamu menggunakan decimal(5,3) dan memasukan angka 17,5236789 akan disimpan menjadi 17,524 dan akan ada tanda serunya atau warning. Sedangkan kalau kamu tipe data Float(5,3) dan memasukan angka 17,5236789 maka data yang disimpan akan menjadi 17,524 dan tanpa tanda seru atau peringatan.

Floating point memiliki 2 tipe data yakni float dan double bedanya hanya dalam aspek teknikal saja, Float menggunakan 4 bytes, maksimum digit yang disimpan 23 dan double menggunakan 8 bytes dan maksimum digit adalah 53.

Sebagai programmer perhatikan tipe data yang digunakan terutama panjang digit yang ingin digunakan

Untuk penulisan dan pembuatan tabel dapat melihat contoh pada post Data Definition Language

Komentar

  1. […] yang berikutnya kita akan bahas tipe data angka desimal. […]

    BalasHapus
  2. […]     Perhatikan relationship 1 di dekat table B ada perubahan bukan. Seperti itulah perubahan bila dari mandatory menjadi non mandatory. Hal yang sama juga terjadi pada saat one-to-one dan many-to-many. Lalu ada tulisan ID, Name, Qty dan Length, tulisan-tulisan ini disebut atribut. Di dalam gambar ada tulisan <undefined> hal ini dikarenakan saya tidak memberikan tipe data untuk atribut yang ada di sana. Tipe data ada beberapa macam untuk bentuk data huruf dan bentuk data angka serta angka desimal. […]

    BalasHapus
  3. […] Bagaimana? sudah membuat tabel-tabel yang kamu butuhkan? Dalam SQL data definition language kalian akan belajar membuat tabel. Tetapi untuk membuat tabel ada beberapa prinsip yang harus kamu ingat seperti penggunaan data dan tipe data(Text dan Angka, angka desimal). […]

    BalasHapus

Posting Komentar