Persiapan Menggunakan SQL Server Integration Services


Untuk menggunakan SQL server integration service maka kita harus menggunakan instalasi SQL server untuk developer. Saat melakukan instalasi pastikan instalasi seluruhnya jangan hanya partial atau untuk database management saja. Saya menggunakan Instalasi SQL server developer edition ukuran instalasinya sekitar 3.8 GB jadikan itu sebagai acuan untuk mencari instalasi. Karena banyak yang melakukan instalasi tetapi hanya untuk management systemnya saja.



Kedua kita akan menggunakan beberapa contoh datawarehouse, database menggunakan adventure works. Silahkan klik di sini. Kemudian kalau data yang diperoleh adalah .mdf dan ldf maka yang harus dilakukan adalah mencopy kedua file tersebut ke tempat SQL server terinstall dan masukan ke dalam folder data. Contoh di tempat saya C:\Program Files\Microsoft SQL Server\MSSQL11.USER\MSSQL\DATA.  Copykan kedua file itu ke sana dan masuklah ke SQL server dan open.


Kalau mendapatkan tipe data .BAK maka yang kamu lakukan adalah membuka SQL server. BAK adalah file SQL yang telah di back-up sehingga yang harus dilakukan adalah melakukan restore terhadap data tersebut. Klik kanan pada tulisan database lalu pillih restore database.


Setelah dipilih restore database maka akan keluar sebuah pilihan untuk pencarian sumber data back-up atau dalam kasus ini file dengan tipe BAK, ubah source dari database menjadi device dan klik browse(button dengan tiga titik  . . . )
Saran sebaiknya file ini dipindah dahulu ke tempat yang mudah dijangkau misalkan di dalam C: setelah semua beres maka terakhir akan muncul detil dari file yang akan kita restore

Untuk keperluan belajar pastikan file adventure works yang di download 3, adventure works, adventure works DW dan adventureworks LT. Saya menggunakan adventure works 2012 jadi bila ada perbedaaan data/struktur yang muncul itu adalah hal yang wajar bila kamu mendownload versi yang lebih baru.

Komentar

  1. sekarang SQL Dev Editionnya 1.5GB dari download di SQLServer2017-SSEI-Dev.exe(5.43MB)

    BalasHapus

Posting Komentar