Mengenal konsep dan istilah dasar dalam SQL

       Untuk menggunakan SQL kamu memerlukan Database Management System. Banyak platform untuk SQL seperti oracle, Microsoft Access, MariaDB. Untuk artikel ini saya akan menggunakan MySQL, karena MySQL reliable, mature dan Open Source(Yang artinya gratis). Kenapa tidak Oracle atau SQL server? Karena mereka memerlukan space yang cukup besar dan instalasi yang ribet.

      Lagipula MySQL digunakan oleh banyak perusahaan besar seperti facebook, dropbox, Youtube, Linkedin dan banyak lainnya. Kalau dicari secara rangking(Coba kamu google) Oracle akan berdiri pada posisi no 1 sedangkan MySql ada di bawahnya. Tapi jangan lupa bahwa oracle sebenarnya adalah Software yang berbayar.

Sebelum masuk dalam mySQL kita mesti belajar dahulu konsep-konsep dasar yang ada dalam SQL

Konsep2 yang ada dalam SQL saling berhubungan untuk memulai awalnya mari kita kenali database

Database


Mari kita coba kenal database untuk mengenal SQL dengan lebih baik dengan melihat tabel di bawah ini.

database     
 Setiap tabel memiliki makna yang berarti. kita coba baca dari kiri ke kanan. Paling kiri adalah no urut, kode maintenance, lalu ada kode untuk sparepart, dan juga no seri dari sparepart.
Saya berani jamin kamu pasti TIDAK MENGERTI saat pertama kali melihat, hal itu wajar dan sangat wajar.

Membacanya seperti ini : kode maintenance 000001/SPK/RJK/09/01/2015 mengunakan spare part dengan kode 219 dengan no seri 001 sejumah 500.

1 baris ini disebut RECORD, yang berarti sebuah baris dalam tabel database sehingga baris berikutnya disebut 1 record.

       Sedangkan kode maintenance, kodesparepart, noseri dan jumlah dalam tiap kolom disebut field. Secara resmi field adalah kolom di dalam tabel yang mengandung informasi spesifik untuk setiap record di dalam database.

database2.jpg

       Ketika kita melihat data terorganisir dalam row dan kolom berarti kita berhubungan dengan stored tabular data. Ok, yang menarik dalam tabel kita adalah kodesparepart yang ada tidak memberikan kita informasi tentang sparepart yang digunakan. Mengapa hanya kode? Kode ini digunakan untuk mereferensikan atau mengkoneksikan tabel yang kita lihat dengan tabel lain.

sparepart

Ini adalah tabel yang di referensi, bila kita lihat secara keseluruhan ada hubungan dengan kode sparepart 219 dengan tabel sparepart.

Untitled-1.jpg

        Hal ini digunakan untuk kebutuhan atau kenyamanan kamu dalam membacanya. Bandingkan dengan tabel terakhir atau saat saya menggabungkan semua di dalam 1 tabel.



croped.jpg

Cukup panjang ke kanan bukan? sekarang bayangkan tabel maintenance mempunyai data seperti ini yang ditulis berkali-kali.

Entity

         Back to topic, intinya unit terkecil yang mengandung satu set data biasa disebut Entity. Kolom berarti entity horisontal dan row bisa disebut entity vertical. Beberapa juga menyebut tabel sebagai Database object dan horizontal entity juga disebut entity instance.

SQL sebagai bahasa deklaratif

SQl adalah sebuah bahasa pemprograman untuk membuat dan memanipulasi database relasional.

       Kita tidak usah bahas hal ini sangat mendetil, tetapi yang perlu kamu ketahui adalah SQL sedikit berbeda dengan bahasa pemprograman yang kamu ketahui. Bahasa pemprograman terbagi menjadi 4 tipe : Prosedural(Imperatif), Object Oriented, Declarative, dan fungsional.

       SQL sebenarnya termasuk dalam declarative programming non-prosedural, yang artinya lebih berfokus pada "apa hasil yang ingin kamu dapatkan?" bukan "bagaimana pekerjaan akan diselesaikan?"



Contoh singkatnya seperti C atau java atau bahkan vb untuk membuat sebuah prgram kamu akan memerlukan step by step untuk mencapai kebutuhan mu seperti
1. Buka pintu
2. Pergi Keluar
3. Ambil Ember
4. Bawa Kembali
dalam bahasa deklarative kamu cuma memerlukan
1. Ambil embernya kembali.
image004

         Lihat!!, tanpa melalui proses yang panjang karena algoritmanya sudah dibangun di dalam dan ada yang namanya optimizer yang akan memecah tugas yang kamu berikan menjadi tugas-tugas yang lebih kecil dengan tujuan membawakan padamu hasil yang kamu inginkan.

Deklarative dalam bahasa SQL terbagi menjadi 4
1. DDL(Data Definition Language)
2. DCL(Data Control Language)
3. DML(Data Manipulation Language)
4. TCL(Transaction Control Language)

Yang akan dijelaskan dalam post berikutnya.


Komentar

Posting Komentar