SQL Langkah Pertama, Buat Tabel dan Mengenal Tipe Data dalam SQL

Sebagai langkah pertama setelah mempelajari syntax untuk Data Definition maka kita akan mencoba membuat database beserta tabel-tabel dan juga tipe-tipe data dalam SQL.

Untuk membuat database maka kita bisa menggunakan Create :

Create table if not exists database_name;

 Weeeeeets, kenapa beda dengan yang ada dalam Data Definition? kenapa ada "if not exists". Tenang saja, kamu sebagai pembuat database harus berjaga-jaga.

"If not Exists" dalam Create Table

      Tujuan dari If nox exists adalah membuat database tersebut bila database tersebut belum pernah dibuat. Apa yang akan terjadi bila tidak ditambahkan? Database mu yang lama dengan nama yang sama akan digantikan dengan database yang baru kamu buat. Misal :

Kamu memiliki database  : sales, Mobil, Customer

dengan menggunakan syntax  : Create database if not exists Customer;

maka akan muncul pesan bahwa perintahmu tidak dilaksanakan karena kamu sudah memiliki database dengan nama customer.





Bagaimana bila tidak ditambahkan?


Tidak apa juga, tapiii bila database customer beserta isinya akan dihapus dan diganti dengan database customer baru yang belum ada isinya sama sekali. Jadi berhati-hatilah. Tambahkan saja, toh bukan kebiasaan yang buruk.

Create Database if not exists SweetHome;


Membuat tabel dalam SQL.


Kamu buat database dengan nama sweethome, Berikutnya kita belajar dulu mengenai Tipe Data yang ada dalam SQL untuk tabel. Kita harus memberikan tipe data secara spesifik dalam tiap kolom karena tipe data yang ada merepresentasikan tipe informasi yang ada dalam kolom secara spesifik.

dilbert

Tipe Data dalam SQL


Pertama yang akan kita bahas adalah tipe data teks atau tipe data string. Format secara umum penulisan tipe data adalah String(Panjang_data).

Create table Home(
Nama_Rumah Char(10)
);

Mungkin kamu sedikit bingung karena saya nulis string, tapi kenapa waktu membuat tabel saya menggunakan char? Karena String memiliki beberapa format di dalam sql.

String dalam sql memiliki beberapa format, kita akan mempelajari yang paling sering digunakan yakni Varchar, Char, dan Enum

Kenapa perlu dibedakan? karena masalah penyimpanan data tersebut.

Seperti memilih sebuah lemari buku untuk ruang tamu. kamu harus menyesuaikan dengan bentuk ruangan dan juga kegunaan dari lemari tersebut.

white-contemporary-bookshelf

      Char(10) dan Varchar(10) sama-sama menyimpan teks dengan menyediakan tempat sebesar 10 bytes akan tetapi saat memasukan nama 'james', maka Char(10) maka jumlah penyimpanan yang digunakan sebesar 10 bytes untuk tipe data char sedangkan varchar(10) hanya akan menggunakan 5 bytes. Varchar menyesuaikan dengan isian yang ada di dalam, karena hanya diisi oleh 'james' yang sepanjang 5 character maka varchar menggunakan 5.


Lalu kenapa ada char? kenapa tidak semua varchar? apa beda varchar dan char?


        Char memberikan kecepatan akses yang lebih baik daripada varchar karena panjang data yang sama dalam tiap record. Tapiii, hanya berlaku bila tabel yang kamu gunakan hanya menyimpan tipe data string char saja. Apabila daam tabel ada gabungan antara char dan varchar maka semua tipe akan diproses dalam varchar.

Untuk penyimpanan yang hemat gunakan varchar sedangkan untuk kecepatan gunakan char.

Jumlah Maksimum Character juga berbeda

Char memiliki maximum 255 bytes sedangkan Varchar memiliki maksimum 65.535 bytes

Lalu ada Enum(,) penulisannya dalam syntax adalah enum(P,W)

Create table PemilikRumah(
Nama varchar(10),
Jenis_kelamin Enum('P','W')
);

Sql akan mengeluarkan error saat ada input selain 'P' dan 'W'.

      Memang enum tidak terlalu sering digunakan akan tetapi kamu akan bersyukur bahwa ini ada. Tujuannya adalah memastikan data yang di input benar dan tidak perlu membuat program untuk melakukan pengecekan pada inputan tersebut.

phd011406s

Setelah ini kita akan belejar tipe data numerik.

Komentar

  1. […] Tapi membuat tabel tidak semudah yang kita bicarakan karena kita harus menentukan tipe data yang akan kita gunakan. Coba cek post berikutnya mengenai SQL dan tipe data. […]

    BalasHapus
  2. […] SQL Langkah Pertama, Buat Tabel dan Mengenal Tipe Data dalam SQL […]

    BalasHapus
  3. […] SQL Langkah Pertama, Buat Tabel dan Mengenal Tipe Data dalam SQL […]

    BalasHapus

Posting Komentar