Menjalankan SSIS dengan SQL Server menggunakan Basic Control Flow 1

Control Flow adalah workflow utama dalam SSIS yang akan menjalankan operasi di dalam package yang akan kita bentuk. Singkatnya semua yang kita inginkan di jalankan di Control Flow. Sebelum menjalankan, pastikan kamu sudah membaca dan menjalankan persiapan yang diperlukan. Dalam kasus yang akan di bahas adalah memasukan database ke SQL server dan membuat koneksi ke SQL Server dari SSDT. Kemudian setiap package hanya boleh memiliki sebuah control flow yang mana juga bisa diisi dengan banyak operasi. Istilah-istilah ini mungkin terdengar asing tapi nanti kita akan terbiasa dengan istilah-istilah yang digunakan.





Untuk langsung membuat operasi yang diinginkan maka lihatlah dalam SSDT dan ambilah execute SQL task dalam toolbox yang ada pada sebelah kiri SSDT.
lakukan dobel klik pada gambar execute SQL Task di dalam control flow lalu koneksikan SQL task ini dengan koneksi yang telah kamu buat sebelumnya. Pastikan kamu melakukan koneksi ke dalam adventure works. Seperti gambar di bawah koneksi pada adventure works tidak ada, hanya ada yang menuju ke dalam adventureworksDW jadi buatlah koneksi baru

Lalu di bawah pilihan koneksi ada SQL source type dan SQL statement, untuk source type biarkan dalam pilihan Direct input sedangkan SQL statement akan kita berikan. Lakukan double click pada SQL statement. Untuk saat ini coba masukan 

"select top 10 c.customerID,p.FirstName,p.LastName,e.emailaddress from sales.customer c inner join person.person p on c.personID=p.BusinessEntityID
Inner Join person.emailaddress e on p.businessentityID=e.businessEntityID

Setelah selesai tekan parse Query untuk memastikan tidak ada kesalahan dalam SQL Query yang diinputkan. Lalu pada bagian result set ganti menjadi "Full Result Set" Lalu perhatikan pada gambar di bagian kiri ada result set klik lalu tekan add berikan nama pada result name lalu ubah variable name yang ada dengan memberikan variable baru.


Ubah setting variable seperti yang ada di gambar lalu tekan ok dan kemudian tekan ok lagi. Kmeudian jalankan dengan menekan tombol F5, bila ada gambar centang hijau maka packagae mu sudah benar dan bisa dijalankan akan tetapi bila tanda silang merah berarti ada kesalahan. Coba perhatikan query yang kamu buat dan koneksi ke database, pastikan kamu koneksi ke adventureworks2012.

Ini untuk eksekusi task yang dasar, kemudian kita akan coba masuk ke dalam task berikutnya. Untuk berikutnya tambahkan "foreach loop container" ambil dari toolbox di dalam group container kemudian masukan send mail task di dalam container tersebut, send mail task ada pada group common.  pastikan gambar akhir yang ada dalam SSDT yang kamu miliki seperti gambar berikut.

Kemudian double click di foreach container, setelah keluar windows baru pilihlah yang collection. Di sini kita akan menghubungkan antara SQL task yang kita buat dengan pengiriman email. Sehingga di semua data customer yang ditarik dengan query yang kita buat akan dikirimi email. Ubah setting di collection menjadi seperti gambar berikut. Ada 2 hal yang berubah dari defaul awal yakni Enumerator dan ADO object source variable. Sesuaikan seperti gambar berikut kemudian jalankan perntah run/ tekan F5
setelah itu double click pada send mail task dan berikan setting SMTP yang kamu miliki. SMTP di tiap tempat berbeda, perhatikan juga saat dijalankan error akan ada beberapa pennyebab yakni firewall, antivirus dan juga SMTP connection local yang kamu miliki.

Komentar